Home

Festival Film Pendek Konfiden 2007 (FFPK 2007) akan segera diselenggarakan pada tanggal 17 sampai dengan 24 November 2007. Bertempat di Teater Kecil dan Kineforum Taman Ismail Marzuki, Jakarta, FFPK 2007 meloloskan 33 film pendek dari 162 film pendek yang masuk ke meja panitia.

Ini adalah kali kedua Yayasan Konfiden menyelenggarakan festival film pendek dengan nama FFPK setelah sebelumnya festival ini dikenal dengan nama Festival Film Video Independen Indonesia (FFVII) sejak tahun 1999 sampai dengan 2002. Setelah mengalami jeda pada tahun 2003 sampai dengan 2005, pada tahun 2006 Yayasan Konfiden menyelenggarakan kembali festival dengan nama baru, Festival Film Pendek Konfiden.

Pada 2006, diperkirakan sebanyak 5500 penonton hadir selama 5 hari penyelenggaraan festival. Menurut Agus Mediarta, programmer Konfiden, terjadi peningkatan kualitas karya cukup signifikan dari karya-karya yang diterima pada tahun ini. Hal ini bisa jadi disebabkan semakin meluasnya distribusi wacana ke kantung-kantung penggiat film pendek Indonesia yang banyak tersebar melalui komunitas film.

banner_07.gif

“Yang dibutuhkan kemudian adalah semakin banyaknya ruang eksebisi bagi karya-karya tersebut agar proses kritik dan diskursus terus berjalan”, ujar Agus. Saat ini persoalan ruang eksebisi memang masih menjadi salah satu persoalan yang dominan bagi film pendek Indonesia. Minimnya ruang menjadi salah satu faktir penghambat. Yayasan Konfiden melalui festivalnya mencoba untuk memberikan tawaran ruang tersebut. (h2o/FA/07)

Untuk keterangan lanjut; http://konfiden.or.id

Advertisements

2 thoughts on “Festival Film Pendek Konfiden 2007

  1. Salah satu sekolah negeri di wilayah PURWAREJA KLAMPOK, BANJARNEGARA sudah pernah mencoba membuat film dan sudah mempunyai hasil, tetapi karena keterbatasan pengajar dan dukungan reverensi, sehingga masih belum optimal. di mohon kepada berbagai kalangan yang bertindak dalam perfilman untuk kesediaannya dalam membimbing para siswa SMA tersebut di luar sekolah atau dengan kata lain membuat sanggar perfilman di wilayah PURWAREJA KLAMPOK. terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s