Home

img_1125_resizePurwokerto – Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga bekerja sama dengan Jaringan Kerja Film Banyumas (JKFB) menggelar kegiatan workshop produksi film bagi anak-anak SMA/K di Purwokerto. Acara yang dilaksanakan tanggal 29 Maret 2009 ini bertempat di Basecamp Bintang, Purwokerto. Tempat tersebut juga merupakan markas dari JKFB.

Acara yang dihadiri sepuluh peserta dari lima belas orang peserta yang diundang ini berasal dari dua SMA Negeri (SMAN 2 dan SMAN 4 PWT), dua SMA Swasta (SMA Bruderan dan SMA Yos Sudarso), dan satu SMK Negeri (SMKN I). Ketidak hadiran lima peserta lainnya dikarenakan sedang berlangsungnya ujian tengah semester di sekolahnya.

Pemateri pada workshop kali ini, yaitu Dimas Jayasrana (CCF) yang mengajak satu orang sineas muda (Jason Iskandar) dari SMA Canisius Jakarta. Jason merupakan pegiat film pendek yang memenangkan The Body Shop documentary film competition 2007. Menurut Dimas tujuannya mengajak Jason ini agar dapat membagi pengalamannya dalam membuat film khususnya film pendek kepada para peserta.

Dimas sendiri menyampaikan tiga materi mendasar mengenai film dalam workshop kali ini, seperti pengenalan tentang film, bagiamana mengembangkan ide menajdi sebuah cerita, dan bagaimana memamksimalkan alat dalam produksi film. Dalam acara kali ini pun Dimas memutarkan satu buah film pendek berjudul MUTO karya kelompok bernama ‘blublu’ yang menggunakan still photo sebagai materi dalam film tersebut. Selain itu diputar juga dua buah film karya Jason (Detensi-fiksi dan Bukan Negara Islam-dokumneter) sebagai tambahan referensi bagi para peserta workshop.

Acara yang semula ditargetkan mulai pukul 09.00 WIB baru bisa dimulai pada pukul 10.00 WIB. Kemoloran acara ini disebabkan oleh panitia yang kurang disiplin dan kordinasi yang kurang baik dipihak CLC mengenai penyediaan alat, serta beberapa kendala teknis lainnya.

Selama jalannya acara terlihat antusiasme yang sangat dari peserta. Hal ini terlihat dengan begitu aktifnya para peserta untuk bertanya baik kepada Dimas maupun kepada Jason. Pukul 16.30 WIB acara diakhiri. Sebagai penutup diadakan foto bareng anatara panitia, pemateri, dan peserta.

Acara yang merupakan rangkaian dari Purbalingga Film Festival (PFF) 2009 ini bertujuan agar para peserta dapat mengaplikasikan materi-materi yang mereka dapatkan. Selain itu harapan lebih dari adanya acara ini adalah para peserta bisa dengan segera memproduksi film yang nantinya dapat diikutkan dalam PFF 2009. (fad – JKFB)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s